Follow Me:

Tuesday, July 4, 2017

Sarapan di Ranah Minang #1 : Lontong Gulai Tauco

Posting lagi seputar soal makanan 😋, kali ini saya akan share soal menyoal sarapan dari Ranah Minang (NB: Yang dimaksud Ranah Minang adalah 19 kota/kab di Sumatera Barat, Not Only Padang 😆). Sesuai judul, ini adalah part #1 dan InsyaAllah akan ada kelanjutan part nya (kalau enggak malas tapi ya 😂). Oke untuk yang pertama ini saya akan share Lontong Gulai Tauco 😋

Lontong Gulai Tauco + Keripik Balado
Penampakannya seperti diatas, gimana?? mengugah selera nggak? 😁. Untuk variasi sarapan di keseluruhan wilayah Sumatera Barat, orang minang sudah akrab dengan yang namanya lontong, setiap pagi lontong bisa dengan mudah ditemui sebagai salah satu pilihan untuk sarapan. Lontongnya orang minang beda sama orang jawa, kalau di jawa lontong itu bulat, kalau di minang kotak-kotak lebih tepatnya kalau saya sebut ketupat kalian yang bukan orang minang pasti langsung paham kan 😉.

Secara umum lontong di Minang terdiri dari lontong itu sendiri, mie/bihun, dan gulai. Nah yang membedakan adalah gulai yang menemani lontong tersebut. Sesuai judul, postingan kali ini saya share Lontong Gulai Tauco, Gulai Tauco mungkin sudah cukup umum lah di Indonesia bukan cuman hanya ada di Minang, identik dengan kuah yang kental dan warnanya seperti foto diatas ☝👆 (bingung nyebut warnanya), selain itu juga identik dengan sayur buncis dan biasanya juga beri buah rimbang yang selalu saya sisakan kalau makan Lontong Gulai Tauco 😂.

Menikmati Lontong Gulai Tauco ini lebih nikmat ditambahkan dengan keripik singkong balado yang sudah terkena kuah gulai, biar ada sensasi kriuk nya tapi lembut 😋. Cita rasa Lontong Gulai Tauco ini adalah dominan gurih diringi sedikit pedas.

Lontong Gulai Tauco Original Version
Sekian share ragam macam sarapan di Ranah Minang part #1, tunggu kelanjutan part selanjutnya dengan berbagai macam menu sarapan lain dari Ranah Minang. Terima Kasih sudah membaca blog Penikmat Nafas, jangan lupa tinggalkan komentar kamu dibawah 👇👇, dan submit email kamu di widget kanan atas blog ini agar tidak ketinggalan update artikel terbaru.

Find Me:
Instagram 👉 penikmat_nafas
Youtube 👉 Penikmat Nafas
Email 👉 penikmat.nafas@gmail.com

10 comments:

  1. harus nyoba nih kalo ke minang, sepertinya enak banget tuh lontong gulai tauconya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup mesti mba wajib nyoba tuh...

      😋😋

      Delete
  2. belom ada bayangan bang rasanya huft

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanya main kesini dek, biar nanti abang ajak makan lontong gulai tauco 😋

      Delete
  3. Kalau kesana harus coba lontong gulai ini nih. Pagi gini aku mampir sini langsung disajikan makanan nih..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hhahahaha... Pas bgt waktu mampirnya mas.. Selamat menikmati ya 😜, gausah malu2 anggap aja rumah sendiri 😂😂😂

      Delete
  4. Saya ga tau gimana rasa taucho.. belum pernah nyoba, jadi ga bisa ngebayangin makan lontong yg pake taucho :'D kasian bener ya,,,

    kalau ga keberatan, follow balik yaa blog saya hiihi *ngarep ^0^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Loh... Masa belum pernah mba? Emang asal nya dr daerah mana? Kalo setau saya sih sumatera dan jawa cukup populer lah taucho.

      Oke mba akan saya follow balik.. Seneng saya diharepin 😁😁😁😁

      Delete
  5. Kalimantan Selatan mas, ga ada masakan Banjar yg pake taucho.. jadi taucho itu asing disini :v bahkan hampir menjadi mitos yg cuma bisa diliat di tipi2 :v *lebay kumat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Indonesia itu luas bgt ya dan beragam 😊😊

      Delete