Follow Me:

Friday, April 28, 2017

Mudah Cepat dan Nyaman Naik Kereta Api Railink Medan~Bandara Kualanamu

Kali ini saya masih akan menulis kategori Transport Experience 😊, selain mencoba naik bus mewah 2 tingkat Sempati Star, sewaktu akan pulang dari Medan saya mencoba naik Kereta Api khusus bandara untuk menuju Bandara Kualanamu πŸ›«πŸš…. Saya sangat penasaran dengan kereta api bandara ini, yang setau saya sampai waktu artikel ini terbit ini adalah satu-satunya kereta api khusus bandara yang ada di Indonesia πŸ˜΅πŸ˜΅πŸ˜‚.

Kereta Api Railink

Kereta Api khusus Bandara Kualanamu ini disebut juga Airport Railink Service 😎 melayani rute dari Bandara Kualanamu menuju Medan dan sebaliknya. Jadwal pemberangkatan tersedia dari jam 03:30 WIB dini hari hingga jam 24:00 WIB tengah malam, untuk lebih detail terkait jadwalnya langsung aja ke web nya disini.

Stasiun Kereta Api Medan



Jika ingin naik kereta ini dari kota Medan ke Kualanamu, kita bisa naik di Stasiun Kereta Api Medan. Stasiun Kereta Api Medan ini memiliki icon pajangan lokomotif uap klasik warna hitam yang instgramable banget buat tempat foto termasuk selfie 😊. Tempat untuk calon penumpang kereta api bandara ini adalah di lantai 2 yang mana dipisah dengan kereta api lokal lainnya. Kesan yang saya dapat dari stasiun ini yaitu bersih, luas, dan fasilitasnya cukup lengkap yaitu :

1. Ticketing dan Informasi



Dibagian Ticketing dan Informasi ini mbak-mbak cantik 😍😍 udah menunggu untuk melayani kita dalam pembelian tiket dan bertanya apapun terkait perjalanan dengan kereta api bandara ini. Harga tiket sendiri normalnya yaitu Rp. 100.000,-, tapi waktu itu saya membeli tiket secara online dengan harga cuman Rp. 90.000,- 😎 (yaelah... cuman beda 10.000 doang πŸ˜πŸ˜‚). Tiket kereta api bandara ini berbentuk kartu disertai struk pembelian, yang nantinya kartu ini kita masukin ke mesin di gate menuju peron sebelum naik kereta, ya mirip-mirip commuter line gitu lah.



2. Lion City Check-In


Konter
Distasiun juga tersedia konter check-in Lion, yang mana disini kita bisa check-in keberangkatan khusus untuk maskapai Lion Air dan Batik Air. Kalau chek-in disini gak gratis ya... ada biaya nya, Rp. 45.000,- kalau tidak salah 😀. Padahal saya sudah ke konter ini dengan niat untuk check-in, begitu melihat ada tulisan tarif check-in nya kaki saya otomatis mundur perlahan, beruntung di konter ini sedang tidak ada penjaganya waktu itu πŸ˜‚πŸ˜‚.

3. Mushola



Tersedia Mushola dan toilet yang bersih di Stasiun KA Bandara ini, tapi sayangnya Mushola berukuran kecil πŸ‘Ž. Tapi ya asal bersih dan wangi nyaman lah untuk beribadah di Mushola yang kecil ini 😊.

4. Photo Booth



Zaman sekarang siapa sih yang gak pernah foto memang zamannya kayak gitu mau gmana ya?? πŸ˜‚, di Stasiun KA Bandara juga ada spot yang memang khusus disediakan untuk berfoto yang lumayan kece lah kalau di upload di instagram, spot foto nya dengan latar belakang gambar kereta api Bandara, dan disertai properti koper-koper pokoknya kalo foto disini udah traveler look 😎 banget lah πŸ˜‚.

5. Ruang Tunggu


Ruang Tunggu Stasiun KA Bandara ini cukup luas dan lengkap, disini tersedia warung makan soto KRIUK (gue enggak di endorse πŸ˜πŸ˜‚), apotek, mini market dan smoking room. Kalau lagi keenakan di ruang tunggu gak perlu khawatir, ada petugas yang selalu menanyakan dan mengingatkan ketika sudah waktu keberangkatan kereta πŸ‘πŸ‘.



Kereta Api Bandara

Armada kereta api bandara kualanamu ini sendiri memiliki bentuk konsep kereta commuter, dan keliatan macam kereta di luar negeri deh πŸ˜†. Kereta ini memang dirancang khusus untuk keperluan transportasi antar moda, ada tempat bagasi khusus untuk koper-koper. Untuk seat di kereta biasa saja dan ada reclining seat, maklumlah memang untuk perjalanan jarak dekat cuman sekitar 40 menit.


Susunan seat di kereta juga bisa dikatakan unik menurut saya, setengah gerbong seat menghadap kedepan dan setengah gerbong seat lainnya menghadap kebelakang πŸ˜‚, mungkin ya karena kereta ini dalam operasinya cuman maju mundur dari Medan-Bandara Kualanamu makanya dibikin seperti itu, kalau dibikin menghadap arah yang sama semua bisa jadi ntar penumpang ngerasain mundur semua πŸ˜‚.


Kereta ini berjalan dengan kecepatan sedang (tidak kencang) πŸš…, sepanjang perjalanan kita bisa menikmati pemandangan hijau sawah yang luas, dan ketika memasuki gerbang bandara kualanamu mata kita akan dimanjakan dengan pemandangan bunga taman yang cantik (kayak kamu 😁) 😍 iya kamu yang baca tulisan ini πŸ˜‚.


Kesimpulannya kalau naik kereta api dari Medan ke Bandara Kualanamu atau sebaliknya, harga sesuai dengan yang didapat. Dengan harga 2x lipat moda transportasi lain kita bisa sampai 2x lebih cepat, belum lagi kalau jalanan macet bakalan menang banyak naik kereta ini ke Bandara 😁.

Untuk Visualisai Lengkap Tonton Video Berikut ini :


Find Me:
Instagram πŸ‘‰ penikmat_nafas
Youtube πŸ‘‰ Penikmat Nafas
Email πŸ‘‰ penikmat.nafas@gmail.com

2 comments: